Selamat Datang, di Website Resmi Kampus STEBIS IGM Palembang a.n Ketua H.Chandra Satria, S.E., M.Si------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------untuk Mahasiswa | Konsultasi Akademik Klik Disini atau Hubungi Kami Klik Disini,
 
Find us
Buletin Digital Jum'at lalu&Hari ini Lihat Poligami-8 Nov 2019 | Sang Motivator-8 Nov 2019

Rakor PTKIS Kopertais VII sesi ke-2 Digitalisasi Perpustakaan

 

STEBIS IGM - Pada kesempatan ini telah mengikuti Rakor Pimpinan PTKIS Kopertais Wilayah VII tentang Perpustakaan. Bersama Ibu Nurmalina, S.Ag, S.S, M. Hum Ketua Perpustakaan UIN Raden Fatah Palembang tentang bagaimana Manajemen Perpustakaan.

Berikut yang beliau sampaikan.

Permasalahan krusial perpustakaan adalah akreditasi perpustakaaan
1. Akrditasi perpustakaan tidak bisa dikerjakan tanpa tahap pertahap.
2. Komponen akreditasi harus dipenuhi Lihat UU NO. 43 tahun 2007 tentang standar nasional perpustakaan
3. Perpustakaan membutuhkan layanan prima, yaitu kepuasan pemustaka

 

 


4. Klaster perpustakaan harus sejalan dengan teaching university, research university kepada world class university.
5. Perpustakaan harus menjadi academic library, tidak hanya menjadi penyedia koleksi, melainkan juga diikut sertakan dalam sejawat dalam penelitian (kolaborasi).
6. Proses rantai nilai jasa perpustakaan
Bahan perpustakaan Koleksi perpustakaan Layanan perpustakaan (nilai informasi dan ilmu pengetahuan)
Perpustakaan harus ada pengelola profesional, sarana dan prasaran; tempat khusus, SDM mumpuni, ada anggaran, manajemen mutu dan akreditasi (pengakuan)
7. Koleksi buku diurutkan berdasarkan subjek (000-900)
8. Dibawah Kemenag literatur Islam digunakan subjek Islam (2X)
9. Akreditasi institusi tidak mungkin bisa dapat nilai A apabila perpustakaan tidak bernilai A
10. Harus dibuat sebuah ruangan dimana pemustaka suka datang ke perpustakaan, seperti ada pelatihan menjahit, pembuatan pempek, ruang photo selfi.
11. Layanan perpustakaan terbagi menjadi dua; layanan teknis (berhubungan dengan koleksi buku), dan layanan pengguna/pengunjung.
12. Layanan E-Jurnal terdapat borang akreditasi dan harus menjadi bagian dari perpustakaan.
13. Perpustakaan nasional sedang mengadakan sosialisasi kepada mahasiswa untuk e-resources (berlangganan)
14. Perpustakaan harus terindeks dan bisa masuk ke dalam moraref agar bisa terkoneksi dengan jurnal-jurnal di bawah Kemenag.
15. Perlu kerjasama antar perguruan tinggi dalam lingkup perpustakaan supaya dapat tukar-menukar koleksi
16. SDM Perpustakaan (Pustawakan, tenaga ahli perpustakaan, dan tenaga ahli perpustakaan)
17. Mengelola perpustakan harus berbasis standar (berorientasi pelanggan, mendayagunakan teknologi, dinamis dan proaktif, dan mengutamakan mutu dan proses nilai)
18. Perpustakaan Daerah selalu mencari perpustakaan yang mau diakreditasi secara gratis.
19. Aspek penilaian akreditas (aspek teknis; berdasarkan UU No.3 tahun 2007 tentang NSP; koleksi, sarana/prasaran, pelayanan, tenaga perpustakaan, penyelenggaraan dan komponen penguat dan Non Teknis prestasi pustakawan dalam berbagai ajang yang dilaksanakan perpustakaan, tata ruang, dan petunjuk/pointer penggunaan perpustakaan, kondusivitas, attitude, dan komunikasi)
20. Di perpustakaan harus ada kebijakan pengembangan koleksi dalam sebuah naskah resmi tertulis dengan isi jenis koleksi, jumlah koleksi, bentuk koleksi, subyek koleksi, kemutakhiran, distribusi, anggaran dan lain-lain
21. Di perpustakaan harus ada survei kebutuhan koleksi, minimal dengan kuesioner tercetak. Lebih bagus apabila lewat google form
22. Jumlah alat seleksi bahan perpustakaan (masukan dari pemustaka, timbangan buku, bibliografi, anotasi, katalog penerbit, website.
23. Nilai A (harus minimal 15 ribu judul, 600 referensi, 6 judul surat kabar, 6 judul majalah, 2 judul majalah ilmiah cetak dan elektronik, 2000 e book, 300 auto visual, 150 judul brosur, 3 data base).
24. Komponen penguat perpustakaan (jumlah karya inovatif misalnya pustakawan menulis di jurnal, komitmen pimpinan, dll).
25. Masalah utama akreditasi belum menerapan SNP dan ketidaksiapan dalam melaksanakannya).

 

 

Lihat JugaArtikel lainya
  Akuntansi Syariah menjadi bekal pembelajaran ilmu Selengkapnya
  Siap Menyonsong Transformasi Edukasi Digital 4.0 Selengkapnya
  Seminar Service Excellence dari Bank Syariah Mandiri Selengkapnya
  Rapat TOEIC bersama Bapak Doni Direktur TOEIC di kampus Selengkapnya
  MoA STEBIS IGM dengan LPM UIN Raden Fatah Selengkapnya
  Tausiyah hari ini 14 Desember 2018 Selengkapnya
  Rapat Alkhir tahun 2018 dalam rangkat hari libur Selengkapnya
  Pembekalan Calon Mahasiswa Universitas Al-Azhar Selengkapnya
  Wisuda II STEBIS IGM Selengkapnya
  Kegiatan Evaluasi Pembinaan SPMI bersama STEBIS IGM Selengkapnya
  Moa LPM STEBIS IGM Bersama LPM UIN Raden Fatah Palembang Selengkapnya
  Rapat Alkhir tahun 2018 dalam rangkat hari libur, persiapan UAS, pengumpulan RPS dan rencana awal tahun Selengkapnya

Kirim ke teman | Versi cetak

Berita "Berita Kampus" Lainnya