Selamat Datang, Bapak Prof.Drs.Sirozi,M.A.,Ph.D Wakil Rektor 1,2,3,Bpk Ibu Dekan, Bpk Sekretaris Kopertais Wilayah VII,beserta jajaran UIN RF | Bpk Ibu Kepsek,Guru,Dosen dan Tamu Undangan Dalam rangka Penandatanganan Nota Kesepahaman UIN RG dan STEBIS IGM ------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------untuk Mahasiswa | Konsultasi Akademik Klik Disini atau Hubungi Kami Klik Disini,
 

Shalat berjamaah mengungguli shalat sendirian

 

Untuk pelaksanaan shalat berjamaan adalah sebagai berikut:

1. Lebih baik shalat berjamaah walau hanya ada 2 orang, karena berjamaah sudah dianggap cukup dengan minimal 2 orang.

2. Tata caranya shalat berjamaah sebagai berikut: Imam di depan dan makmumnya dibelakang imam posisi sebelah kanan, dekat dengan imam, tapi kakinya tidak sampai lebih maju dari kaki imam.

3. Kalau datang jamaah lagi dipertengahan shalat, makmum yang lama mundur dengan pelan, dan makmum yang baru berdiri dibelakang imam sejajar dengan makmum lama. Kalau datang lagi makmum langsung mengisi shar sampingnya dengan lurus dan rapat.

Labih jelanya Pak Haris bisa praktek langsung dengan guru terdekat atau lihat video tutorial shalat jamaah.

Pak Haris, Shalat sangat dianjurkan berjamaah, walaupun saat dirumah dengan istri dan keluarga. Tapi, kalau shalat di masjid akan lebih sempurna.

Hal ini sesuai anjuran sangat dari Nabi: Seorang buta mendatangi Nabi Shallahu `alaihi wa sallam dan berkata, "Wahai Rasulullah, aku tidak mempunyai seorang yang menuntunku ke masjid."

Lalu dia meminta keringanan kepada Rasulullah Shallahu `alaihi wa sallam, sehingga dibolehkan shalat di rumah.

Kemudian Beliau Shallahu `alaihi wa sallam memberikan keringanan kepadanya.

Ketika ia meninggalkan Nabi Shallahu `alaihi wa sallam, langsung Rasulullah memanggilnya dan bertanya, "Apakah engkau mendengar panggilan adzan shalat?" Dia menjawab, "Ya." Lalu Beliau berkata, "Penuhilah!" (HR.Muslim)

Wallahu a`lam bisshawab.(*).


Sumber: Majalah Yatim Mandiri/Edisi Februari 2017

 

 

 

Kirim ke teman | Versi cetak

Berita "Artikel Menarik" Lainnya