Selamat Datang, di Website Resmi Kampus STEBIS IGM Palembang a.n Ketua H.Chandra Satria, S.E., M.Si------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------untuk Mahasiswa | Konsultasi Akademik Klik Disini atau Hubungi Kami Klik Disini,
 
Find us

Kuliah Tepat untuk Percepatan Pembangunan SDM dan Ekonomi Syariah di Masa Mendatang

STEBIS IGM- Banyak bermunculan lembaga keuangan yang berbasis syariah, mengingat Indonesia merupakan negara yang mayoritas penduduknya adalah muslim. Semakin banyak pula masyarakat yang sadar dan mulai beralih ke perbankan syariah untuk menghindari sistem riba dan berbagai aktivitas ekonomi yang tidak sesuai dengan syariat Islam. Karena itu pengetahuan Ekonomi Islam atau Ekonomi Syariah menjadi salah satu kebutuhan di masa sekarang ini.

 

 

Berdasarkan data OJK, pertumbuhan industri keuangan Syariah di negara Indonesia sedang mengalami kemajuan yang cukup pesat. Bahkan, dapat dipastikan jika kemajuan ini akan terus bertambah dalam jangka waktu yang panjang. Euforia industri keuangan Syariah ternyata juga menjalar ke sistem perekonomian luar negeri. Hal ini menjadi bukti bahwa jurusan ekonomi Islam bisa menjadi pilihan yang tepat untuk mendapatkan pekerjaan yang menjanjikan.

 

Hingga sekarang, Indonesia memiliki 13 bank umum, 21 unit bisnis di bidang syariah, dan ratusan usaha yang bergerak di bidang saham. Jumlah ini dipercaya akan terus bertambah seiring dengan semakin banyaknya masyarakat Indonesia yang menggunakan industri perekonomian syariah dalam sehari-hari. Bahkan, diperkirakan peningkatan jasa keuangan syariah dalam kurun waktu tiga tahun mencapai 28%.

 

Apa aja yang dipelajari di prodi ekonomi dan perbankan syariah, berikut gambaran umum mata kuliah Ekonomi Syariah dan Perbankan Syariah.

  1. Metode Statistika
  2. Filosofi Ekonomi Syariah
  3. Prinsip Dasar Hukum Islam
  4. Akuntansi Syariah
  5. Makroekonomi Syariah
  6. Mikroekonomi Syariah
  7. Manajemen Produk Halal
  8. Sejarah Pemikiran Ekonomi Islam
  9. Fiqh Muamalah
  10. Ushul Fiqh
  11. Ekonometrika
  12. Ekonomi Moneter Islam
  13. Ekonomi Pembangunan Islam
  14. Ekonomi Zakat
  15. Infaq
  16. Shadaqoh dan Wakaf
  17. Ekonomi Keuangan Publik Islam
  18. Manajemen Resiko Lembaga Keuangan Islam
  19. Manajemen Keuangan Islam
  20. Manajemen Portofolio dan Investasi Islam
  21. Teori Keuangan dan Investasi Syariah
  22. Analisa Laporan Keuangan Syariah dan Penganggaran

 

Dari gambaran mata kuliah di atas akan  dikonversi dalam Satuan Kredit Semester (SKS) sebesar minimal 144 sks dengan target penyelesaian masa studi 8 semester atau 4 tahun. Proses pembelajaran di STEBIS IGM telah melalui sistem informasi teknologi yang cukup mudah dipelajar bagi siapapun dan gampang diakses, memberikan kenyamanan dan keakuratan baik bagi mahasiswa maupun dosen sendiri.

 

Selain memperoleh mata kuliah yang telah berstandar kurikulum nasional, mahasiswa juga diberikan kompetensi dan keahlian yang akan menjadi bagian dalam proses pembelajaran, sehingga tidak hanya mumpuni dalam pengetahuan tetapi juga memiliki kompetensi dan keahlian yang dibutuhan oleh perusahan dan perkembangan zaman terkait pengembangan ekonomi syariah sebagai pioner penggeraka pembanguan bangsa ke depan.

 

Adapun keahlian dan kompetensi yang akan disiapkan untuk mahasiswa sekolah tinggi ekonomi dan bisnis syariah IGM  yaitu sebagai:

  1. Pengawas Syariah
  2. Marketing Skill
  3. Public Relation
  4. Ahli Pasar Modal Syariah
  5. Manajemen resiko Syariah
  6. Analisis pembiayaan syariah
  7. Analisis investasi
  8. Entrepreneurial
  9. Peneliti ekonomi syariah
  10. TOEIC (test of English for international communication)
  11. Tahfidzul Qur’an dan hadist  Iqtishod

 

Lulusan Ekonomi Islam atau Ekonomi Syariah dapat berkarir sangat luas dapat ditempatkan di berbagai lembaga keuangan, baik lembaga keuangan bank, maupun lembaga keuangan bukan bank, baik berbasis syariah maupun non-syariah lembaga pemerintah di OJK, kantor kementerian  seperti keagamaan, kehakiman, keuangan dan lainnya. Lulusan prodi ini juga dipersiapkan untuk menjadi seorang ahli ekonomi atau ekonom yang memiliki ilmu ekonomi syariah atau pun siap terjun di masyarakat sebagai entrepreneurial atau seorang wirausaha atau profesi  keahlian lainnya seperti  auditor, pengajar ekonomi, analis keuangan kuantitatif, analis investasi, akuntan, analis manajemen bisnis, analis keuangan, personal financial advisors, serta akuntan publik.

 

So Guys, berdasarkan info di atas, jangan ragu lagi, untuk anda yang berminat dan melihat ini sebagai peluang untuk menjadi seorang ekonom syariah yang handal dimasa datang, segera saja bergabung bersama  Sekolah Tinggi Ekonomi dan Bisnis Syariah IGM (STEBIS IGM) dengan lokasi kampus yang strategi di pinggir jalan protokol kota palembang, tepatnya di Jalan. Jenderal Sudirman No 629.

 

Untuk singkatnya bisa langsung daftar online Pmb.stebisigm.ac.id atau bisa melalui call center STEBIS IGM  : 082281897858  atau 0711-5734506. Biaya kuliah terjangkau sebesar Rp2,5 juta/semester.

 


Link: Sumber

Kirim ke teman | Versi cetak

Berita "Berita Kampus" Lainnya