Selamat Datang, Bapak Prof.Drs.Sirozi,M.A.,Ph.D Wakil Rektor 1,2,3,Bpk Ibu Dekan, Bpk Sekretaris Kopertais Wilayah VII,beserta jajaran UIN RF | Bpk Ibu Kepsek,Guru,Dosen dan Tamu Undangan Dalam rangka Penandatanganan Nota Kesepahaman UIN RG dan STEBIS IGM ------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------untuk Mahasiswa | Konsultasi Akademik Klik Disini atau Hubungi Kami Klik Disini,
 

Pengertian Statuta dan Renstra

Baik Bapak/Ibu, Sdr/i mungkin masih banyak yang belum mengerti apa itu Statuta dan Renstra. Berikut penjelasannya:

Statuta adalah pedoman dasar penyelenggaraan kegiatan yang dipakai sebagai acuan untuk merencanakan, mengembangkan program dan penyelenggaraan kegiatan fungsional sesuai dengan tujuan perguruan tinggi yang bersangkutan, yang berisi dasar yang dipakai sebagai rujukan pengembangan peraturan umum, peraturan akademik dan prosedur operasional yang berlaku di perguruan tinggi yang bersangkutan. Sampai saat ini hampir semua Statuta PTS  kita masih merujuk pada PP no. 60 tahun 1999 tentang Pendidikan Tinggi yang telah dibatalkan oleh PP no. 17 tahun 2010 dan perubahannya  PP 66 Tahun 2010 .  Hanya terdapat beberapa PTN sudah merevisi Statuta mereka sesuai ketentuan PP no.4 Tahun 2014, PP no. 17 dan  PP no. 66 tahun 2010.

Statuta juga merupakan istilah yang digunakan untuk menyebutkan konstitusi lembaga internasional atau himpunan peraturan yang ditetapkan oleh persetujuan internasional mengenai kerja suatu kesatuan hukum yang berada di bawah supervisi internasional.

 

Renstra (Rencana Strategis) adalah suatu proses yang berorientasi pada hasil yang ingin di capai dalam kurun waktu 1 (Satu) tahun sampai dengan 5 (Lima) tahun dan disusun berdasarkan pemahaman terhadap lingkungan strategik baik dalam skala nasional, regional maupun lokal dengan memperhitungkan potensi, peluang dan kendala yang ada atau timbul serta memuat visi dan misi sebagai penjabaran dalam membina unit kerja serta kebijaksanaan sasaran dan prioritas sasaran.

 

 

 


Sumber : Kopertais |