Selamat Datang, Bapak Prof.Drs.Sirozi,M.A.,Ph.D Wakil Rektor 1,2,3,Bpk Ibu Dekan, Bpk Sekretaris Kopertais Wilayah VII,beserta jajaran UIN RF | Bpk Ibu Kepsek,Guru,Dosen dan Tamu Undangan Dalam rangka Penandatanganan Nota Kesepahaman UIN RG dan STEBIS IGM ------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------untuk Mahasiswa | Konsultasi Akademik Klik Disini atau Hubungi Kami Klik Disini,
 

Mimbar Jumat Hari ini

Islam Agama Entrepreneurship

Menurut ibn Khaldun, wirausahawan merupakan individu berpengetahuan dan berperan penting dalam pengetahuan dan berperan penting dalam pembangunan sebuah negara-kota dimana sebuah usaha (perusahaan) akan lahir. Jadi dapat dipahami bahwa sebuah kota atau negara tidak akan dapat bersaing dalam pembangunan peradaban jika manusia-manusia di dalamnya tidak memiliki para wirausahawan.


Islam sebagai agama mayoritas penduduk di Indonesia, memang tidak memberikan penjelasan secara eksplisit terkait konsep kewirausahaan (entrepreneurship) ini, namun ada keterkaitan yang sangat erat antara agama Islam dengan dunia kewirausahaan. Bahkan menurut Ibn Taimiyyah, kewirausahaan bagian integral dalam agama Islam. Karena berdasarkan fitrahnya, setiap manusia dituntut menjadi ~Khalifah~ yang memiliki tanggungjawab untuk membangun kesejahteraan dan memandang bisnis sebagai bagian dari ibadah kepada Allah SWT.


Keterkaitan yang sangat erat antara agama Islam dengan dunia kewirausahan (entrepreneuship) sebagai berikut: *Pertama, dalam Islam digunakan berbagai istilah yang merujuk pada dunia kewirausahan, seperti kerja keras, kemandirian (biyadihi), dan tidak cengeng. Berwirausaha sangat dianjurkan dalam Islam agar manusia dapat mandiri dalam memenuhi segala kebtuhan hidupnya dan membantu orang lain secara ekonomi baik melalui sedekah, infak maupun zakat.


*Kedua, Nabi Muhammad SAW sebagai pembawa agama Islam merupakan seorang pemimpin di bidang bisnis dan entrepreneurship. Menurut Muhammad Syafi`i Antonio(2007), Nabi Muhammad SAW merupakan seorang entrepreneurship sejati. Selengkapnya bisa dilihat koran Sripo hari ini jumat, 16 oktober 2015, kolom mimbar jumat karya Bapak Havis Aravik, Dosen Stebis IGM

 

Sumber: Koran Sripo, Jumat 16 Oktober 2015