Selamat Datang, di Website Resmi Kampus STEBIS IGM Palembang a.n Ketua H.Chandra Satria, S.E., M.Si------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------untuk Mahasiswa | Konsultasi Akademik Klik Disini atau Hubungi Kami Klik Disini,
 
Find us 

Pengabdian Kepada Masyarakat Dosen STEBIS IGM

 

STEBIS IGM - Gelar Pelatihan Penyusunan Rencana Usaha UMKM PEKKA. dan kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) terhadap Usaha Mikro Kecil Menengah Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Perempuan Kepala Keluarga (LPP-PEKKA) Masjid Agung Palembang.

Ketua STEBIS Indo Global Mandiri, H Chandra Satria, SE, M.Si mengatakan pengabdian kepada masyarakat ini sebagai bentuk sumbangsih STEBIS IGM kepada PEKKA Masjid Agung. “Kita ajarkan pelatihan perencanaan dan pengembangan agar maksimal untuk memulai usaha,” katanya kepada IGMTVnews.com, Kamis (19/11/2020)

Ia menyebut, dalam pelatihan tersebut, STEBIS IGM memberikan pengetahuan mengenai materi tentang penyusunan dan pengembangan ide usaha yang harus di siapkan.

Mulai dari tahapan produksi dengan susunan perencanaan adanya proses yang baik terhadap kegiatan pembelian atau penyediaan bahan baku, menjaga kualitas produksi, penyimpanan produk yang sudah jadi, melakukan pemeliharaan barang serta proses pengiriman barang.

Kemudian, tahapan pengemasan produk dengan beberapa bagian yaitu Primary packaging yang langsung bersentuhan dengan produk dan berfungsi sebagai penjaga kualitas produk; Secondary packaging yang berisi berbagai produk dari primary packaging dan berfungsi memproteksi produk; Transit/Tertiary packaging yang berfungsi untuk proses transportasi pengiriman produk dan penyimpanan pada skala besar

Ia juga memaparkan bagaimana tahapan strategi pemasaran melalui offline melalui pilihan tempat usaha dan penataan suasana yang menarik sesuai dengan tema atau jenis produk yang ditawarkan.

“Sedangkan untuk online, yang harus disiapkan lebih pembuatan Pembuatan Dokumentasi Digital: Katalog Produk tiap UMKM serta pilihan pemanfaatan digital marketing place seperti website komersial ataupun media sosial,” katanya di hadapan 30 peserta.

Jika semuanya rampung, lanjutnya, maka akan dilakukan tahapan pembukuan atau pencatatan yang standar secara umum dapat dianalisa guna pilihan pengembangan usaha atau evaluasi usaha dilihat dari hasil laporan keuangan yang disajikan.

“Kita harap, pelatihan ini peserta untuk dapat lebih baik. Sehingga usaha yang dilakukan tidak hanya memberikan kesejahteraan bagi pelakunya sendiri tetapi juga menambah kekuataan ekonomi masyarakat sekitar yang terlibat sebagai karyawan dalam usaha.,” tambah Ketua Umum LPP-Pekka YMA Palembang Doly Nofiansyah, SE, M.Si,

Sementara, Ketua Umum Masjid Agung Palembang, Kgs H. Ahmad Sarnubi, berharap komunitas pelaku usaha di bawah binaan masjid agung harus bisa mengembangkan usahanya menjadi lebih baik dengan peningkatan omset dan manajemen pengelolaan yang lebih baik. (andhiko tungga alam)

 

Lihat JugaArtikel lainya
  Wisuda STEBIS IG 2020 suasana tenang, hikmat dan penuh penghayatan Selengkapnya
  Wisuda ke 4 Kampus STEBIS IGM Palembang digelar dengan protokol kesehatan Selengkapnya
  STEBIS IGM Gelar Pelatihan Penyusunan Rencana Usaha UMKM PEKKA. dan Selengkapnya
  Pandemi Covid-19 mengharuskan mahasiswa belajar dari rumah dengan PJJ Selengkapnya
  Mahasiswa menyiapkan diri untuk Acara Bujang Gadis Kampus STEBIS IGM 2020 Selengkapnya
  M Diki Wahyudi Arisandi terpilih menjadi salah satu utusan yang bertabung dalam lembaga internasional Selengkapnya
  BAK STEBIS IGM hari ini memberikan informasi sistem akademik untuk Mahasiswa Baru Selengkapnya
  Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi dan Selengkapnya
  PK2MB Sekolah Tinggi Ekonomi dan Bisnis Syariah IGM Hari Kedua bersama Bpk Kapolda Selengkapnya
  The International Conference On Environmenntal&Technology Of Law, Business Selengkapnya

Kirim ke teman | Versi cetak

Berita "Berita Kampus" Lainnya