Selamat Datang, di Website Resmi Kampus STEBIS IGM Palembang a.n Ketua H.Chandra Satria, S.E., M.Si------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------untuk Mahasiswa | Konsultasi Akademik Klik Disini atau Hubungi Kami Klik Disini,
 
Find us 

webinar Baznas-Peran-Potensi zakat di kota Palembang

 

STEBIS IGM - Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) merupakan badan resmi dan satu-satunya yang dibentuk oleh pemerintah berdasarkan Keputusan Presiden RI No. 8 Tahun 2001 yang memiliki tugas dan fungsi menghimpun dan menyalurkan zakat, infaq, dan sedekah (ZIS) pada tingkat nasional.

 

Dalam kegiatan ini hadir juga Pimpinan beserta Santri Jaringan Santri Indonesia (JSI) Kgs M Ridwan Nawawi, S.Pd.I. M.M dan moderator Amir Salim, S.E.I, M.E yang bertempat di Aula lantai 3 Gedung Kampus IGM Sudirman dan disiarkan live melalui streaming IGM TV dan aplikasi Zoom.

 

 

"Jumlah Penduduk Kota Palembang pada tahun 2010 sebanyak 1,455 juta dan tahun 2020 ini sudah mencapai hampir 1,7 juta dan 1,6 juta Yang beragama islam artinya Di Potensi Zakat di kota Palembang berjumlah ± 12 Milyar ujar Bapak Drs. H. Maruzi Tarmizi wakil ketua 1 Baznas kota Palembang saat menyampaikan webinar di Sekolah Tinggi Ekonomi dan Bisnis Syariah (STEBIS) Indo Global Mandiri.

 

Ada 60 perusahaan yang sudah di sampaikan agar bisa menyalurkan zakatnya dikota palembang yang saat ini baru terealisasi 5 perusahaan saja, termasuk perusahaan pedagang, dll potensi keseluruhan Rp. 1,3 T

Ketua stebis igm H.Chandra Satria, S.E., M.Si menyampaikan kita selaku tuan rumah juga ingin ikut andil dan terlibat dalam kontribusi pengumpulan zakat. yang saat ini jumlah mahasiswa STEBIS IGM ± 500 mahasiswa belum termasuk jumlah dosen dan wali mahasiswa. ujar ketua STEBIS IGM.

 

wakil ketua 1 Baznas kota Palembang sangat mengapresiasi pendapat yang dikemukanan oleh ketua STEBIS IGM. kita ada 350 usaha kecil yang ada namun belum ada yang mendampinginya.

 

 

hadir juga Ketua PEKKA Bpk Doly Nofiansyah, SE., M.Si "anggota PEKKA berjumlah 550 ibu-ibu janda dan 650 anak yatim dan 70 lansia usia 60 hingga 71 tahun  memiliki 52 usaha UMKM. PEKKA pun welcome jika di libatkan dalam kegiatan Baznas yang tersebar di 117 kelurahan dan 18 kecamatan telah dibina selama 17 tahun".

 

 

Dalam 3 bulan ini kita ada program pasar murah yang dipelopori oleh baznas dan perdagangan, namun berhubung suasana masih pandemi sehingga program tersebut kita alihkan kepada program pemberian paket kepada lansia dengan 200 paket dibagikan kepada lansia yang berumur 60 keatas dimulai dari bulan oktober melalui upz masjid dan pada bulan november ke pada upz skpd dan untuk bulan desember ini kita kembalikan lagi ke masjid kata Drs. Maruzi Tarmizi

 

Lahirnya Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2011 tentang Pengelolaan Zakat semakin mengukuhkan peran BAZNAS sebagai lembaga yang berwenang melakukan pengelolaan zakat secara nasional. Dalam UU tersebut, BAZNAS dinyatakan sebagai lembaga pemerintah nonstruktural yang bersifat mandiri dan bertanggung jawab kepada Presiden melalui Menteri Agama.

 

Dengan demikian, BAZNAS bersama Pemerintah bertanggung jawab untuk mengawal pengelolaan zakat yang berasaskan: syariat Islam, amanah, kemanfaatan, keadilan, kepastian hukum, terintegrasi dan akuntabilitas.

 

Kita perioritaskan juga menggunakan spanduk untuk sosialisasi, kita kendala kantor banzas masih dikantor walikota sehingga kita tidak bsia berbuat apa-apa sebingga image di masarakat kita hanya melayani pemerintah saja.

 

Saat ini Baznas sendiri memiliki 1 staff dan 12 pimpinan dan ada 3 orang telah di perbantukan hampir 18 total keseluruhan staff dan pegawai harapan kami agar sosialisasi tersalurkan baik semua website dan wa sudah kita informasikan, berikut brosurpun sudah kita sebar, dan setiap kegiatan selalu mengundang pejabat, pak wali pak wako semua telah di upayakan untuk sosiaisasi baznas, ujarnya.. Barokallah semoga hasil auditnya mendapat wtp. (Ahmad T)

 


 

Lihat JugaArtikel lainya
  Industri keuangan syariah Indonesia memiliki karakteristik pelayanan segmen ritel berbeda dengan Selengkapnya
  Wisuda STEBIS IG 2020 suasana tenang, hikmat dan penuh penghayatan Selengkapnya
  Wisuda ke 4 Kampus STEBIS IGM Palembang digelar dengan protokol kesehatan Selengkapnya
  STEBIS IGM Gelar Pelatihan Penyusunan Rencana Usaha UMKM PEKKA. dan Selengkapnya
  Pandemi Covid-19 mengharuskan mahasiswa belajar dari rumah dengan PJJ Selengkapnya
  Mahasiswa menyiapkan diri untuk Acara Bujang Gadis Kampus STEBIS IGM 2020 Selengkapnya
  M Diki Wahyudi Arisandi terpilih menjadi salah satu utusan yang bertabung dalam lembaga internasional Selengkapnya
  BAK STEBIS IGM hari ini memberikan informasi sistem akademik untuk Mahasiswa Baru Selengkapnya
  Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi dan Selengkapnya
  PK2MB Sekolah Tinggi Ekonomi dan Bisnis Syariah IGM Hari Kedua bersama Bpk Kapolda Selengkapnya
  The International Conference On Environmenntal&Technology Of Law, Business Selengkapnya

Kirim ke teman | Versi cetak

Berita "Berita Kampus" Lainnya